Wednesday, May 21, 2008

TURUNKAN BERAT BADAN DENGAN MADU

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, dapat meminum Madu di pagi hari dan ditambah 1 atau dua sudu makan sekitar jam 10 pagi; dengan cara ini Anda tidak akan terasa lapar pada siang hari karena energi masih cukup. Di malam hari Anda boleh minum dua sudu sebelum makan malam. Dengan pola diet ini nafsu makan Anda akan berkurang karena mayoritas tenaga disupplay oleh Madu, dengan demikian konsumsi makanan lainnya (yang menyebabkan kegemukan) dapat dielakkan atau dikurangkan.

Menurunkan kolesterol:

Dari kajian yang dilakukan oleh sejumlah ahli di Rusia, 75 % pasien dapat diturunkan kolesterolnya melalui terapi Madu dalam waktu 3 sampai 6 bulan.

Makanan Diet:

Madu adalah sumber tenaga dan kalori terutama dari gula sederhana (fruktosa), protein dan sedikit gula komplek. Dalam satu sendok Madu kurang lebih terkandung 65 kalori. Apabila kita minum dua sendok Madu dipagi hari, ini setara dengan +/- 130 kalori yang cukup untuk aktifitas 2-3 jam.

Madu Sebagai Pengganti Gula:

Madu adalah pemanis alami yang disediakan oleh Allah di alam untuk manusia. Komposisi Madu baik dari sisi mineral, asam-asam amino, protein dan vitamin yang terkandung didalamnya memiliki banyak kesamaan dengan bahan baku makanan yang kita gunakan sehari-hari. Jadi Madu sangat cocok untuk menggantikan gula sebagai pemanis pada bahan makanan ataupun minuman kita. Bahkan sebelum manusia modern mengenal gula seperti yang kita kenal sekarang, Madulah yang selalu dipakai sebagai bahan pemanis untuk makanan dan minuman bangsa-bangsa terdahulu. Penggantian gula dengan Madu juga merupakan solusi yang baik bagi yang hendak menghindari gula karena diabetes, kegemukan dlsb.

Karena tingkat kemanisan yang dikandung Madu lebih tinggi dari gula, maka kaedah umumnya ketika hendak menggantikan gula dengan Madu dalam suatu resepi makanan/minuman adalah menggunakan Madu hanya separuh dari yang diperlukan apabila menggunakan gula. Misalnya dalam satu resepi makanan disebutkan perlu menggunakan gula 2 sudu makan, maka apabila digunakan Madu hanya memerlukan 1 sudu . Kemudian dapat disesuaikan sampai tingkat kemanisan yang dikehendaki.

No comments: